urutan body care

Urutan Body Care Yang Benar untuk Kulit Sehat dan Cerah

Merawat kulit tubuh tidak cukup hanya dengan mandi dua kali sehari. Kamu perlu menggunakan serangkaian produk body care supaya kulit jadi sehat dan lembut. Selain itu kamu juga harus memastikan urutan body care yang benar.

Setiap produk body care memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Saat dipakai dalam satu rangkaian perawatan maka kamu akan mendapatkan kulit yang sehat, mulus, dan cerah bersinar. 

Yuk, simak tulisan di bawah ini untuk mengetahui tahapan body care dengan lengkap!

8 Urutan Body Care yang Harus Kamu Ketahui

1. Body Scrub

Langkah pertama dalam tahapan body care adalah menggunakan body scrub. Fungsi body scrub adalah untuk mengeksfoliasi kulit.

Pilih body scrub yang memiliki kandungan glycolic dan lactic acid untuk mendorong regenerasi sel kulit, meratakan warna kulit, dan mengecilkan pori-pori. 

Dengan menggunakan body scrub seminggu dua kali secara rutin, sel-sel kulit mati dan tekstur kulit yang tidak rata bisa teratasi. Penggunaan body scrub yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebab dapat mengikis kelembapan alami kulit dan menipiskan skin barrier. 

2. Body Wash

Body wash atau sabun mandi merupakan produk yang sehari-hari digunakan untuk mandi. Produk ini dapat membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran yang menempel. Selain itu body wash juga punya manfaat untuk melembutkan dan mencerahkan kulit.

Body Wash digunakan setelah body scrub untuk menghapus sisa residu produk dan sel kulit mati yang ada di kulitmu. 

3. Body Toner

Body toner digunakan sebelum mengaplikasikan lotion atau serum di kulit agar penyerapan nutrisinya bisa lebih maksimal. 

Body toner kini menjadi salah satu tren di kalangan pecinta skin care. Body toner memiliki fungsi yang sama dengan face toner, yaitu melembabkan kulit setelah ritual mandi. 

4. Body Lotion

Urutan body care yang benar adalah memakai pelembap dalam kondisi kulit yang sudah bersih. Pelembap dapat diserap kulit dengan baik jika kulit dalam keadaan bersih.

Body lotion atau body serum bisa diaplikasikan di area tangan dan kaki. Body lotion berfungsi untuk menjaga kadar kelembapan kulit, membuat kulit tetap sehat, halus, dan lembut.

Penggunaan body lotion yang dianjurkan adalah setiap dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Namun, kamu bisa re-apply kembali ketika kamu merasa kulitmu kering. 

5. Body Oil

Tahukah kamu bahwa manfaat body oil bukan cuma sekadar melembapkan kulit saja? Namun juga dapat meredakan peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh jerawat.

Beberapa produk body oil turut mengandung nutrisi dan vitamin, seperti Vitamin A, B1, B2, B3, asam lemak esensial omega-3, omega-6, dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah.

Cara menggunakannya adalah dengan meneteskan sedikit body oil di permukaan kulit, lalu ratakan ke seluruh tubuh sambil dipijat. Tahapan body care ini sekaligus bisa memberikan relaksasi pada otot-otot yang kaku. 

6. Body Butter

Body butter berbeda dengan body lotion. Jenis produk ini teksturnya lebih tebal dan padat dibanding dengan body lotion, tetapi mengandung kelembapan yang sangat tinggi. 

Kandungan kelembapan pada body butter atau body balm ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan lotion dan diformulasikan dengan bahan-bahan minyak alami seperti shea oil, rice bran oil, cocoa oil, dan masih banyak lagi. 

Ketika kondisi kulit sangat kering dan bersisik, kamu bisa mengoleskan body butter setelah pemakaian body oil. Namun bagi pemilik kulit sensitif, menggunakan body oil tanpa body butter saja sudah cukup.

7. Body Serum

Produk body serum mengandung formula yang lebih terkonsentrasi dan punya banyak bahan aktif seperti vitamin C, AHA, atau hyaluronic acid. Body serum berguna merawat kulit langsung ke akar masalahnya yaitu kulit kering, kusam, kasar, dan masih banyak lagi. 

Keunggulan body serum adalah teksturnya yang cair sehingga bisa diserap kulit dengan lebih cepat, tidak lengket, dan tidak berminyak. Kamu bisa menggunakan body serum untuk hasil kulit sehat yang lebih optimal.

8. Sunscreen

Sunscreen merupakan tahapan body care yang sangat penting, terutama kalau kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini dikarenakan sunscreen melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang bisa memicu munculnya masalah kulit yang serius seperti kanker. 

Pastikan sunscreen memiliki kandungan SPF minimal 30 dengan PA++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Ulangi pemakaian sunscreen tiap 2 jam sekali selama kamu masih berada di luar ruangan.

Itulah beberapa langkah penting yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan produk-produk body care. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari di pagi dan malam hari untuk memberikan nutrisi terbaik untuk kulit. 


Di samping melakukan body routine, kamu juga bisa mengunjungi Klinik Kecantikan Tangerang Terbaik untuk menjalani whitening program yang diperuntukan untuk mengatasi masalah kulit kusam. Program ini bisa dimanfaatkan baik oleh pria maupun wanita untuk hasil kulit glowing.

Leave a Reply