Merawat Kulit Sensitif dan Berjerawat

Begini Cara Merawat Kulit Sensitif dan Berjerawat

Kulit sensitif merupakan keadaan kulit yang terkena kotoran lalu timbul masalah kulit yang muncul pada wajah seperti jerawat, beruntusan dan masih masih banyak.

Banyak penyebab kenapa kulit menjadi sensitif dan cenderung mudah timbul jerawat pada wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, artikel ini sangat tepat kamu baca. Yuk, simak terus sampai akhir ya!

Ada beberapa cara merawat kulit sensitif dan berjerawat yang bisa kamu terapkan dalam merawat kulit sensitif. Namun sebelum itu, mari kita ketahui apa saja penyebab dari kukit sensitif hingga timbulnya jerawat pada wajah.

1. Terlalu sering Ganti Produk Skincare

Pergantian skincare yang sering pun bisa menjadi faktor kulit kamu menjadi sensitif dan berjerawat. Itu sebabnya, tentukan skincare andalan kamu dari sekarang sesuai kebutuhan, ya!

2. Penggunaan Kosmetik yang Kurang Tepat

Jika kamu sering menggunakan make-up pada saat bepergian, usahakan kamu menghindari produk yang tidak cocok di kulit kamu, ya! Karena hal ini bisa jadi faktor pemicu untuk kulit kamu yang sensitif, lho!

Jangan gunakan kosmetik yang telah digunakan oleh orang lain, karena kita tidak tahu bagaimana kondisi muka dari orang tersebut. Bisa jadi alat atau tools yang digunakan oleh orang itu kotor dan ketika kamu pakai untuk wajahmu, bisa menyebabkan efek samping nantinya.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan pun bisa menjadi faktor penyebab kulit kamu menjadi sensitif, lho! Mungkin karena paparan sinar matahari, suhu yang berubah-ubah dan masih banyak lagi. Hal ini pastinya sangat berpengaruh dalam cara merawat kulit sensitif dan berjerawat untukmu.

4. Sanitasi Air

Sanitasi air di berbagai lingkungan memang berbeda. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kulit kamu menjadi lebih sensitif hanya karena sanitasi air yang tidak baik, berbau, berwarna dan cenderung kotor. Solusinya adalah upayakan air bersih dengan filtrasi air dan jadikan air di lingkunganmu menjadi air yang bersih dan tidak berbau.

5. Polusi

Jika polusi udara yang ada di lingkunganmu tidak bagus, kamu harus segera menjaga kulit agar tidak terkena kotoran dari polusi tersebut, ya! Karena polusi yang buruk akan membuat kulitmu menjadi rentan terkena jerawat dan juga bruntusan.

Nah, setelah kita tahu apa saja penyebab kulit menjadi sensitif dan berjerawat, kini saatnya kamu mengetahui apa saja yang harus kamu terapkan untuk merawat kulit sensitif dan berjerawat.

6. Menghidrasi Kulit

Menghidrasi kulit baik dilakukan agar kulit kamu tetap halus dan lembap. Namun selain itu, menghidrasi kulit juga bisa memperbaiki dan mengembalikan lapisan kelembapan alami kulit, lho! 

Jangan salah, menghidrasi kulit dapat membuat kulit sensitif dan berjerawat menjadi calming dan pastinya menyegarkan. Jika kamu memiliki bruntusan dan redness pada wajah, segera hidrasi kulitmu dengan produk pelembap andalanmu, ya!

7. Bersihkan Kulit dengan Lembut

Eits, apakah jamu termasuk orang yang membersihkan kulit wajahmu dengan kasar dan terburu-buru? Ternyata gaya hidup ini sapat mempengaruhi kesensitifan kulitmu, lho!

Yuk, mulai sekarang bersihkan kulitmu dengan lembut dan pastikan kamu selalu melakukan double cleansing selepas menggunakan make-up ataupun sehabis bepergian, ya!

8. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya atau sunscreen sudah terbukti dapat meredakan jerawat yang meradang. Selain itu, penggunaan sunscreen pada wajah pun dapat secara aktif membantu kulit sensitif dalam menenangkan dan juga membantu memudarkan bekas jerawat.

9. Hindari Eksfoliasi Terlalu Keras

Melakukan eksfoliasi pada kulit memang penting, tetapi akan jadi masalah jika kamu terlalu keras saat mengeksfoliasi kulit khususnya kulit wajah yang rentan sekali tergores.

Untuk itu, kamu jangan terlalu sering  eksfoliasi fisik, sebaiknya disarankan melakukan eksfoliasi chemical agar sel kulit mati terangkat, kulit pun tidak menjadi sensitif. Cara merawat kulit sensitif dan berjerawat yang satu ini bisa kamu lakukan dengan teliti, ya!

Kamu bisa mengunjungi Stephanie Clinic untuk eksfoliasi yang lebih aman, ya! 

10. Hindari Pemicu

Jika kamu memiliki alergi terhadap makanan tertentu mungkin seperti makanan seafood ataupun makanan yang menjadi pantangan untuk kamu, sebaiknya dihindari, ya! Karena hal itu bisa menjadi pemicu kulit sensitif dan juga berjerawat, lho!

Selain itu kamu harus menghindari kandungan skincare yang tidak cocok di kulitmu. Hal tersebut sebagai langkah preventif agar kulit tetap normal dan tidak iritasi ataupun kemerahan.

11. Treatment Laser 

Tidak dapat dipungkiri beberapa orang memiliki kulit yang sensitif seperti gampang gatal-gatal, kemerahan dan kulit yang tipis. Sehingga perawatan yang dilakukan maupun skincare yang dipakai setiap hari berbeda dengan kebanyakan orang.

Kamu bisa mengikuti Sensitive Skin Program by Stephanie Skincare. Stephanie Clinic menyediakan laser khusus untuk jenis kulit sensitif. Sinar laser ini akan merangsang pembuluh darah di bawah kulit sehingga memberikan nutrisi yang cukup agar kulit menjadi normal dan tidak gatal kembali.

Itulah beberapa hal cara merawat kulit sensitif dan berjerawat yang pastinya bisa menjadi salah satu referensi untuk kamu apabila ingin merawat kulit secara intens! Yuk konsultasikan sekarang juga!

Leave a Reply