ARTIKEL KEBIASAAN TIDUR STEPHANIE SKINCARE

Kebiasaan Tidur Dan Kesehatan Kulit

Kebiasaan Tidur dan Kesehatan Kulit

Anda pasti pernah mendengar istilah “beauty sleep” sering diucapkan oleh para artis atau bintang Hollywood. Faktanya tidur dengan waktu yang cukup dan tepat dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit anda. Karena di saat tidur sel-sel kulit dapat beristirahat dan memperbaiki kerusakan pada kulit yang dapat terjadi pada siang hari. Di malam hari sel-sel kulit dapat mengeluarkan toksin-toksin (detox) yang telah menumpuk, memproduksi kolagen, mengganti sel-sel kulit yang telah mati serta membentuk sel-sel kulit yang baru.

Maka dari itu orang-orang yang dapat tidur di waktu yang tepat dan jumlah tidur yang cukup dapat terlihat lebih muda, bersinar, dan segar di pagi hari, dibandingkan dengan orang-orang dengan waktu tidur yang kurang.

Berapakah waktu tidur yang optimal untuk dapat menjaga Kesehatan kulit?

Banyak penelitian merekomendasikan untuk tidur minimal 7-9 jam dan untuk tidur sebelum jam 11 malam.

Namun selain waktu tidur yang cukup, kebiasaan tidur di posisi yang kurang tepat juga dapat menyebabkan terbentuknya garis-garis kerutan di wajah atau “sleep wrinkle” yang seiring dengan berjalannya waktu menjadi permanen.

Lalu apakah posisi tidur yang tepat untuk mencegah munculnya kerutan-kerutan halus di wajah?

Jawabannya adalah posisi tidur terlentang. Dengan posisi muka menghadap ke atas akan mencegah kemungkinan kulit wajah tergencet atau tergesek bantal. Salah satu cara yang efektif untuk menghindari munculnya kerutan wajah adalah dengan merubah posisi tidur anda menjadi posisi tidur terlentang, dengan punggung di bawah dan muka menghadap atas.

BEFORE & AFTER USING ANTI-WRINKLE PILLOW - NURSE JAMIE HEALTHY SKIN SOLUTIONS

Figure 1. Tekanan pada kulit wajah ketika tidur menghadap ke samping

6 REASONS WHY YOU SHOULD BECOME A BACK SLEEPER | CIIN MAGAZINE

Figure 2. Posisi tidur terlentang merupakan posisi paling baik dan tepat

Meskipun sepertinya sederhana, banyak orang yang sudah terlanjur memiliki kebiasaan untuk tidur tengkurap ataupun tidur menghadap miring atau kesamping. Ilustrasi di bawah menunjukkan berbagai garis kerutan yang dapat muncul dengan posisi tidur yang tidak benar.

WORD IMAGE

Figure 3. Ilustrasi “sleep wrinkle” atau garis keriput yang dapat terbentuk dengan posisi tidur yang tidak tepat

Salah satu trik untuk melatih posisi tidur terlentang adalah dengan hanya menggunakan handuk yang digulung. Berikut adalah petunjuk yang lengkap untuk trik handuk yang menggulung:

  1. Letakkan handuk anda di daerah yang datar dan rapikan handuk supaya tidak mengganjal.
  2. Lipat handuk menjadi dua (sisi yang lebih pendek ke sisi yang lebih pendek).
  3. Ambil sisi pendek dan gulung handuk dengan erat.
  4. Gunakan pita rambut atau tali dan ikat ujungnya agar handuk tidak terurai.
  5. Pindahkan bantal anda dan letakkan handuk di bawah leher anda.
  6. Berbaringlah di punggung supaya handuk tersebut dapat mensupport leher anda.
  7. Jika handuk terasa tidak nyaman, anda dapat bereksperimen dengan handuk yang lebih besar atau lebih kecil, atau dengan menempatkan bantal kecil di bawah area kepala anda.

Tidur dengan handuk yang digulung juga dapat mengurangi kemungkinan sakit leher di pagi hari. Namun bila tidur terlentang tetap susah untuk dilakukan, maka cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti sarung bantal anda dengan sarung bantal berbahan sutra asli. Sarung bantal berbahan silk/sutra dapat mengurangi derajat gesekan atau tekanan yang dialami oleh sel-sel kulit anda Ketika tidur kesamping ataupun tengkurap.

Penggunaan skin care atau krim dan serum yang tepat di malam hari sangat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen dan menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit yang baru di saat anda tidur. Sehingga di pagi hari anda akan bangun dengan kulit wajah yang tetap lembab, cerah, dan kenyal. Beberapa produk favorit kami untuk meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kelembaban kulit di malam hari adalah Steph’s Fabulous Anti-Aging Serum dan Steph’s Moisturizing Brightening Cream. Pemakaian kombinasi serum dan krim yang teratur di malam hari dapat mencegah terjadinya garis-garis keriput di wajah, serta dapat memberikan hasil wajah yang tampak lebih muda, glowing, dan segar di pagi hari.

Ayo mulai ubah kebiasaan tidur anda sekarang juga, dilengkapi dengan pemakaian skin care seperti krim dan serum yang mengandung bahan aktif yang tepat untuk tetap awet muda. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

Leave a Reply