word image 9

Melasma dapat terjadi pada pria dan wanita. Melasma adalah hiperpigmentasi kulit berupa bercak tidak nyeri yang tidak merata berwarna coklat muda sampai coklat tua.

 

Melasma dapat muncul pada wajah maupun tubuh akibat dari paparan radiasi sinar ultraviolet, inframerah seperti matahari atau paparan handphone. Pada wajah, melasma sering muncul simetris (sama pada kedua sisi wajah) dan terjadi pada daerah pipi, dahi, daerah atas bibir, hidung, dan dagu. Selain dari paparan sinar matahari, faktor risiko lainnya yang dapat meningkatkan munculnya melasma adalah bertambahnya usia, warna kulit yang lebih gelap (karena sel pigmen lebih aktif), kondisi yang menyebabkan perubahan hormon seperti kehamilan, konsumsi kontrasepsi oral, faktor genetik atau riwayat keluarga yang mempunyai melasma, penggunaan kosmetik yang mengandung parfum dan obat obatan pada kasus tertentu.

word image 1

Bagaimana terbentuknya melasma?

Proses terbentuknya melasma merupakan proses yang kompleks yang melibatkan sel-sel pada kulit, gen, hormon, pembuluh darah, sel-sel inflamasi (peradangan). Secara garis besar, melasma timbul dari produksi melanin (pigmen) yang berlebihan. Sinar matahari akan merangsang Reactive Oxygen Species (ROS). ROS adalah molekul oksigen yang berbahaya terbentuk dari sinar UV dan polusi. ROS menyebabkan melanosit (sel penghasil melanin atau pigmen) menghasilkan melanin atau pigmen kulit lebih banyak. Selain itu, ROS menyerang dan bereaksi dengan molekul sel kulit yang stabil, yang ada hubungan antara kolagen dan elastin (penyebab kerutan) dan juga mengurangi kemampuan kulit untuk memperbaiki sendiri. Melanin kemudian dibawa oleh keratinosit (penghasil protein kulit yang selalu tumbuh untuk menggantikan sel kulit mati) sampai ke lapisan teratas kulit (epidermis). Melanin yang berlebihan pada daerah tertentu pada kulit itulah yang menyebabkan tidak meratanya warna kulit dan terlihat seperti bercak. word image 10

Melasma dapat terlihat jelas ataupun terlihat samar. Hal tersebut tergantung dari kedalaman pigmennya. Maka dari itu, menurut kedalamannya, melasma dapat dibagi menjadi,

  1. Tipe epidermal : warna bercak kecoklatan tampak lebih terlihat jelas
  2. Tipe dermal : warna bercak coklat, keabu-abuan, atau kebiruan tidak tampak jelas
  3. Tipe campuran : warna bercak ada yang terlihat jelas, ada yang tidak

word image 11

Lalu, apakah melasma dapat hilang?

Melasma dapat dikurangi dan dihilangkan, namun karena merupakan proses yang kompleks, sehingga membutuhkan proses yang lama dan dapat muncul kembali. Pada kondisi tertentu melasma akan hilang dengan sendirinya ketika sudah tidak hamil atau penghentian konsumsi kontrasepsi.

Pencegahan yang paling baik pada orang yang belum muncul melasma adalah menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan atau paparan radiasi ultraviolet dan menggunakan tabir surya seperti Steph’s sun protection cream atau spray.

Target utama dari terapi melasma adalah menghambat produksi pigmen kulit (melanin) yang berlebihan. Terapi yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan dan mengurangi melasma, dapat berupa pengobatan topikal, pengobatan sistemik, atau tindakan. Beberapa penelitian menyarankan untuk memberikan terapi kombinasi.

  1. Pengobatan topikal, berupa krim yang mengandung hidrokuinon, asam retinoat, kortikosteroid, asam azelat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menghambat proses pembentukan melanin atau pigmen kulit dan menghancurkan melanosit (sel penghasil melanin) yang berlebihan
  2. Pengobatan sistemik, seperti asam askorbat/vitamin c, glutathione dan asam tranexamat. Bahan tersebut berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi (peradangan) dan perangsang pembentukan kolagen yang bagus untuk regenerasi kulit.
  3. Tindakan khusus, seperti
  • pengelupasan kimiawi (chemical peeling). Tindakan ini berfungsi untuk meningkatkan regenerasi keratinosit (kulit).
  • Microneedling. Tindakan ini adalah dengan membuat saluran-saluran kecil pada kulit dengan cara menusuk-nusuk kulit dengan jarum yang berukuran sangat kecil dengan tujuan untuk menstimulasi wound-healing pada kulit dan memberikan obat topikal secara intradermal.
  • Laser. Tindakan laser dengan energi termal (panas) dapat secara selektif memilih target chromophores di dalam kulit (melanin), sehingga penyerapan dari melanin akan berkurang.

 

Anda tidak perlu khawatir, Stephanie Skin Care Clinic mempunyai terapi melasma yang anda butuhkan seperti krim anti pigmentasi, infus whitening yang mengandung vitamin c, glutathione dan berbagai vitamin baik lainnya, chemical peeling, microneedling, serta laser flek.

Untuk informasi selanjutnya mengenai konsultasi, prosedur dan lainnya dapat langsung mengontak klinik kami melalui whatsapp, Instagram, ataupun email.

Kunjungi klinik sahabat anda..

Stephanie Skin and Body Care

CitraRaya

☎(021) 5964 2908

📱 0821 1442 6146

🏠 Ruko Grand Boulevard V01A no 221-223 Citra Raya Tangerang

Melati Mas

☎(021)5371643

📱 0813 1857 2281

🏠Villa Melati Mas blok C2/3, BSD-Serpong, Tangerang

stephanieskincare00@gmail.com

www.stephanie-skincare.com

www.facebook.com/stephanieskin

 

Leave a Reply