Istilah perawatan Wajah

Istilah Perawatan Wajah & Klinik Kecantikan

Istilah Perawatan Wajah Atau Kulit Yang Umum Ditemukan Di Klinik Kecantikan

Istilah Perawatan Wajah Klinik Kecantikan

Botulinum Toxin

Berasal dari bahan aktif Botulinum Toxin Type A, efektivitas kerjanya 2 – 3 minggu pada otot, acara kerjanya setelah disuntik penyebarannya luas / difusi. Dimana Botulinum Toxin Type A ini akan bertahan di otot bersifat semetara yaitu selama 3 – 6 bulan. Sebelum diencerkan dapat disimpan dan bertahan sampai 3 tahun. Disimpan dalam lemari pendingin pada suhu 2 – 8 oC atau dalam freezer pada suhu ≤ – 5 oC. Injeksi ini berfungsi untuk menghilangkan keriput dan garis-garis tanda penuaan di wajah. Selain itu dapat juga bermanfaat untuk mengecilkan rahang terlihat besar dan kotak. Pengerjaan tindakan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter yang terlatih dan berpengalaman.

 

Chemical Peeling

Chemical Peeling  merupakan sebuah metode perawatan wajah yang disarankan secara berkala untuk mencegah jerawat khususnya Maskne (Mask Acne) yaitu jerawat yang diakibatkan pemakaian masker setiap hari dalam jangka waktu panjang ataupun bekas jerawat, yang dilakukan dengan teknik pengupasan kulit secara kimia, berfungsi untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Prosedur ini bisa menyebabkan pengelupasan kulit mati serta terjadinya regenerasi kulit dari penuaan dini. 

 

Cryolipolysis

Cryolipolysis merupakan prosedur menggunakan alat khusus untuk membekukan lemak yang membandel dan kemudian mematikan sel-sel lemak tersebut. Prosedur ini sangat unik karena menggunakan prinsip bahwa sel-sel lemak lebih rentan terhadap pembekuan daripada sel kaya air di sekitarnya, yang memungkinkan terjadinya apoptosis selektif sambil mempertahankan struktur yang berdekatan. Ketika sel-sel lemak telah mati maka tubuh akan mengeluarkan lemak yang ada di dalamnya sehingga pasien mengalami proses penurunan volume lemak subkutan selama 2 hingga 3 bulan berikutnya.

 

Dermapen

Dermapen adalah terapi atau perawatan dengan menggunakan  alat yang dilengkapi dengan jarum-jarum berukuran sangat kecil. Alat ini kemudian akan dijalankan di atas permukaan wajah, atau bagian tertentu yang butuh diperbaiki. Jarum-jarum kecil ini akan melukai kulit, yang kemudian akan merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit. Luka ini juga akan menjadi jalan masuk bagi serum untuk kulit. Perawatan ini berfungsi untuk memperbaiki scar atau bopeng akibat jerawat, pori-pori besar, dan bekas jerawat.

 

Dermal Filler

Filler merupakan suatu produk yang berbentuk seperti gel. Gel tersebut kemudian akan disuntikkan dibawah kulit wajah untuk mengembalikan volume yang hilang, menghaluskan dan menyamarkan kerutan, serta meningkatkan kontur pada wajah. Filler sangat bermanfaat untuk digunakan untuk mengisi kekosongan pada area wajah, mengurangi kerutan pada wajah. Area wajah yang paling populer untuk dilakukan filler adalah bagian bawah mata, pipi, hidung, smile line (garis senyum), bibir, dan dagu. Setelah anda melakukan injeksi filler pada wajah, perbaikan pada kontur wajah anda akan segera terlihat dengan jelas. Filler akan segera menambah volume, menghaluskan kerutan serta lipatan pada kulit anda. Saat filler berada dibawah kulit, efek penuh akan terlihat dalam beberapa hari dan akan semakin terlihat natural.

 

Dermal Peel infusion

Adalah suatu treatment untuk mengangkat kulit mati dengan menggunakan alat khusus. Alat ini bekerja secara simultan memberikan infuse cairan yang akan di serap oleh kulit, menutrisi dan mengobati sesuai dengan kebutuhan wajah. Prosedur non-invasif ini bebas rasa sakit, dapat melembutkan dan merevitalisasi kulit hingga kulit tampak lebih muda. Terlebih lagi, Anda dapat segera kembali ke kegiatan Anda seperti biasa saat pengobatan selesai, memancarkan kulit yang sehat bercahaya serta merah muda merona.

 

Electrocautery

Treatment Elektrocauter adalah suatu metode untuk menghilangkan jaringan pada bagian atas kulit yang sudah mati seperti kutil, spruten, tahi lalat, komedo yang sudah mengeras, lemak, milia dan jaringan mati lainnya yang tidak diinginkan. 

 

Facial

Facial adalah prosedur perawatan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah . Masalah kulit wajah ini dapat berkaitan dengan tekstur, warna kulit dan kesehatan secara keseluruhan, sementara prosedur yang dilakukan dapat mencakup pembersihan, eksfoliasi, penghilangan komedo, pemijatan,pemberian nutrisi, dan  pemberian masker wajah. Perawatan ini sangat di gemari oleh setiap orang yang sangat memperhatikan kesehatan wajahnya. Karena dengan harga yang sangat terjangkau, pelanggan akan mendapatkan kondisi kulit yang lebih bersih, cerah dan segar. 

 

Intense Pulsed Light (IPL)

Intense Pulsed Light (IPL) adalah salah satu treatment yang memanfaatkan tekanan cahaya atau sinar dengan intensitas cahaya yang disesuaikan dan gelombang polikromatik (lebar). Dimana ketika sampai ke lapisan antara epidermis dan dermis cahaya tersebut dapat berubah menjadi energi panas, tapi tidak ada efek buruk seperti melukai atau menyakiti kulit. Sebaiknya treatment ini dilakukan berkala sesuai jangka waktu yang ditetapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Treatment IPL ini juga sangat bermanfaat bagi problem jerawat seperti yang terdapat dalam program Acne Free (Bebas Jerawat) kami. 

 

Laser Black Doll

Laser yang menggunakan krim karbon yang dioleskan di muka terlebih dahulu yang berfungsi untuk menyerap sebum dan kotoran lain yang menempel kulit wajah. Kemudian laser ditembakkan ke seluruh bagian wajah yang telah dioleskan krim karbon. Perawatan ini berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel kulit yang telah mati, meremajakan kulit dari dalam, dan menstimulasi produksi kolagen di bagian dermis kulit. Perawatan ini cocok untuk kulit yang berjerawat dan memiliki bekas-bekas jerawat, kulit yang berkeriput dan memiliki flek-flek di wajah, dan kulit yang memiliki pori-pori besar. Waktu pengerjaan yang relatif singkat dan hasil yang langsung terlihat membuat perawatan ini sangat dicari oleh banyak orang.

 

Laser CO2 

Perawatan laser CO2 menggunakan prinsip laser untuk menguapkan sel-sel kulit yang telah rusak, memungkinkan sel-sel baru yang lebih sehat untuk menggantikan sel-sel yang lebih tua. Metode pelapisan kulit ini banyak digunakan untuk mengatasi keriput, bekas luka, bopeng bekas jerawat, kutil, kelenjar minyak yang membesar di hidung, dan masalah kulit lainnya. Perawatan dengan perawatan laser CO2 dapat membantu mengurangi dan memperbaiki pigmentasi tidak merata di kulit seperti flek, dan secara drastis mengurangi munculnya kerutan sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

 

Laser Nd:YAG

Laser ND YAG adalah salah satu jenis teknologi laser canggih yang saat ini umum digunakan untuk mengobati kelainan hiperpigmentasi  seperti Freckles, Solar Lentigo, tato removal , bekas jerawat. Metode ini termasuk canggih dari sisi teknologi, juga minimal efek samping. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk terapi ini relatif singkat dan hasil nyatanya pun akan langsung terlihat.

 

Laser Resurfacing

Laser Resurfacing adalah jenis prosedur perawatan kulit yang hanya dapat dilakukan oleh dokter. Tindakan ini menggunakan laser untuk membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit. Tergantung pada kondisi kulit anda, dokter akan merekomendasikan antara laser ablatif atau non-ablatif. Jenis-jenis laser ablatif adalah karbon dioksida (CO2) atau Erbium. Perawatan laser CO2 digunakan untuk menghilangkan bekas luka, kutil, dan kerutan dalam. Erbium digunakan untuk garis halus dan kerutan, bersama dengan masalah kulit superfisial lainnya. Kedua jenis laser ablatif ini mengelupaskan lapisan kulit luar dan menstimulasi kulit untuk membentuk jaringan kulit baru yang lebih sehat. Sementara itu laser non-ablatif tidak akan menghilangkan lapisan kulit apa pun. Jenis-jenis laser non-ablatif adalah pulse dye laser, pulse light, dan laser Fraksional. Laser non-ablatif bermanfaat untuk kondisi kulit yang memiliki rosacea, spider veins, dan jerawat.

 

Meso Slimming

Meso Slimming  merupakan suatu  terapi yang sangat di gemari saat ini,  terapi ini dilakukan dengan cara menyuntikan obat dengan tanpa rasa sakit ke dalam lapisan mesoderm kulit yang mengandung lemak dan jaringan penyangga. Terapi ini dapat digunakan untuk berbagai macam terapi, antara lain terapi mengurangi berat badan, mengurangi lemak dan selulit di bagian-bagian tubuh tertentu. Terapi ini juga dapat dikombinasikan dengan perawatan lain misalnya body slimming, RF Body Lifing, konsumsi suplement slimming atau penggunaan alat-alat untuk slimming lainnya.

 

Mesotherapy

Mesotherapy adalah treatment dengan cara memasukan serum khusus ke dalam lapisan kulit dengan menggunakan teknik jarum khusus mesotherapy agar mendapatkan kulit yang sehat, cerah, kencang, dan bebas flek

Treatment Mesotherapy menggunakan serum yang berbeda-beda. Serum yang digunakan mulai dari Serum Depigmen berfungsi untuk mencerahkan, memberikan efek glowing dalam jangka waktu yang lebih lama, memutihkan, mampu memudarkan flek/ melasma dan  Serum Anti Aging berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengencangkan kulit, memudarkan / menghilangkan kerutan, meremajakan kulit wajah. Serum Artliner berfungsi untuk mengurangi lemak pada pipi atau dagu (double chin), mengencangkan, dan meniruskan wajah.

 

Microdermabrasi

Mikrodermabrasi adalah cara untuk mengangkat dan menghilangkan lapisan kulit paling luar karena biasanya lapisan luar berada dalam kondisi yang kurang baik seperti kering, keriput dan keadaan kulit yang tidak maksimal. Treatment ini membuat produksi sel baru, menjadikan kulit lebih muda, lembut dan kenyal, melancarkan sirkulasi darah dan oksigen, merangsang tumbuhnya epidermis dan dermis.

 

Microneedling Therapy

Microneedling adalah prosedur kosmetik non-invasif yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit melalui produksi kolagen. Prosedur ini biasa dikenal sebagai terapi induksi kolagen kulit. Terapi ini sangat bermanfaat untuk pasien-pasien yang memiliki kondisi kulit yang berjerawat, memiliki banyak bopeng jerawat, hingga membantu untuk memudarkan stretch marks. Jaringan kulit baru yang terbentuk setelah proses ini, memiliki warna dan tekstur yang lebih merata. Dengan mendorong kulit untuk membuat jaringan baru, maka prosedur ini pun berfungsi untuk membuat kulit lebih kencang.

 

 

Photolight Therapy

Photolight Therapy adalah treatment dengan menggunakan teknik cahaya, interaksi cahaya disampaikan melalui Light Emitting Dioda (LED), menyebabkan bio-stimulasi pada sel kulit. Terapi Photolight mendorong pembaharuan sel alami dan penyembuhan pada kulit. Treatment ini dapat memperbaiki kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh kosmetik berbahaya, steroid, mercury, matahari, lingkungan, penuaan alami dan faktor eksternal lainnya, tapi dapat diperbaiki dengan aman dan tanpa rasa sakit. 

 

PRP / Platelet Rich Plasma

Prosedur ini menggunakan plasma yang diambil dari darah kita sendiri.
Plasma darah mengandung growth factor dan berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk penyembuhan bopeng bekas jerawat, keriput, garis-garis halus dan bercak-bercak hitam di wajah.
Treatment ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki berbagai permasalahan kulit yang telah berlangsung bertahun-tahun dan tidak kunjung membaik.

 

RF (Radio Frequency)

Radio Frequency adalah treatment alat yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Alat tersebut dapat menghantarkan energi panas sehingga dapat menstimulasi kolagen. Cara kerja Radio Frequency dapat menembus lapisan hipodermis (lapisan lemak) sehingga dapat membakar lemak, merangsang fibrolast yang akan menghasilkan efek tirus dan kencang. Terdapat 2 varian Radio Frequency yaitu RF Wajah dan Body Slimming (perut, lengan, paha)

 

Skin Whitening

Serangkaian perawatan yang di lakukan untuk mencerahkan kulit, baik wajah maupun tubuh. Selain menggunakan produk-produk pencerah,  treatment ini juga dapat di kombinasi dengan perawatan lain seperti chemical peeling, infus whitening, dan menggunakan supplement untuk nutrisi kulit. Selain kulit sehat dan cerah perawatan ini juga dapat membuat kulit lebih lembab, meratakan warna kulit, dan sebagai antioksidan untuk kesehatan tubuh. 

 

Threadlift / Tarik Benang

Tanam benang adalah prosedur non-invasif untuk mengencangkan kulit wajah, leher, atau rahang yang mulai kendur dan turun seiring pertambahan usia. Tindakan ini menggunakan benang yang memiliki kerucut kecil / penggenggam yang kemudian dimasukkan ke bawah kulit melalui jarum besar. Kerucut tersebut kemudian memegang kulit di bawah permukaan dan menahan kulit di posisi yang lebih terangkat dan sehingga wajah akan tampak kencang dan muda kembali. Benang yang digunakan selain berfungsi untuk mengencangkan wajah juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

 

Leave a Reply