penuaan

Cara Atasi Penuaan Kulit

Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun akan berjalan terus bertambah begitupula dengan usia kita. Dengan bertambahnya usia, bukan berati bagian tubuh kita yang lain tidak akan bertambah usia juga bukan???

See the source image Badan, rambut, kuku, terutama kulit kita adalah hal yang akan paling terlihat ketika kita makin bertambah usia.

Kendurnya kulit merupakan salah satu hal yang akan terjadi.. Kendurnya kulit dibadan mungkin masih bisa kamu tutupi, namun bagaimana dengan kulit wajah kamu??

Setiap hari setiap saat ketika mau bepergian pasti yang dilihat oleh orang lain pertama kali adalah wajah kamu bukan?

See the source image

Proses penuaan kulit memang merupakan proses yang tidak dapat dihindari. Penuaan kulit akan memengaruhi kehidupan sosial individu, yang didukung adanya fakta bahwa kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering terpapar oleh faktor-faktor luar dan juga merupakan hal yang pertama kali nampak dari seorang individu saat berinteraksi dengan orang lain.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penuaan kulit yaitu, paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV).

See the source image Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan paparan sinar ultraviolet matahari sepanjang tahun, Sehingga penduduk Indonesia sangat rentan terhadap terjadinya penuaan kulit, terutama pada penuaan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama.

Perubahan kulit umum yang muncul secara bertahap seiring bertambahnya usia termasuk bintik-bintik usia (aging spot), flek, kerutan dan keriput, kekasaran dan kekeringan kulit, seta kulit tampak kendur. Pada beberapa orang dapat berupa bercak bersisik, tag kulit (skin tag), atau benjolan merah atau ungu cerah (angioma ceri), yang mungkin mengganggu tetapi biasanya tidak berbahaya.

Permukaan kulit yang mengalami penuaan kulit akan tampak lebih pucat, timbul kerutan-kerutan halus (fine wrinkle), lapisan-lapisan sel kulit menjadi mengecil sehingga kulit tampak lebih tipis, transparan, serta tampak lebih rapuh. Kulit juga menjadi lebih kering dan terasa gatal. Penuaan kulit juga diikuti dengan menipisnya jaringan lemak terutama lemak pada wajah, sehingga akan menyebabkan gambaran pipi yang cekung dan dalam serta munculnya kantung mata.

See the source image

Selain faktor usia, faktor lain yang berhubungan dengan penuaan kulit antara lain ras, variasi anatomi kulit pada area-area tertentu, serta perubahan hormonal.

word image Beberapa faktor bekerja bersama-sama sehingga menyebabkan penuaan kulit terjadi lebih dini atau prematur.

Faktor-faktor dari luar yang mempengaruhi antara lain, ekspresi wajah yang berulang, pengaruh suhu panas, posisi tidur, gaya gravitasi, gaya hidup misal merokok, polusi, serta paparan sinar matahari terutama sinar UV.

See the source image

Sebagai contoh, gaya gravitasi menyebabkan ujung cuping hidung menjadi turun, cuping telinga memanjang, kelopak mata turun, bibir atas menjadi hilang, serta bibir bawah semakin tampak nyata.

Selain itu, efek utama dari paparan radiasi sinar UV baik akut maupun kronis, yaitu kerusakan DNA, inflamasi atau peradangan serta imunosupresi.

Nah, setelah mengetahui banyak faktor yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit kita, apakah kita akan terima saja jika dikatakan usia 70 tahun padahal kita masih umur 30?? Tentunya tidak bukann??

Kita kasih Tipsnya yuk biar kita umur 70 tapi dikatakan usia 30 …

Mencegah Penuaan? Apakah Bisa?

Berbagai macam cara telah tersedia untuk pencegahan dan penanganan penuaan kulit, mulai dari:

1.Menggunakan bahan penangkal sinar matahari berupa sunblock

word image

2. Obat-obat topikal / Skincare

word image 1

3. Treatment dan Perawatan wajah yang lebih agresif seperti :

word image 2

-Chemical Peeling,

word image 3

-Mikrodermabrasi,

word image 4

-Penyuntikan Botox,

word image 5

– Injeksi Filler,

word image 6

-Pemasangan Benang Wajah,

word image 7

-Laser.

word image 7word image 8

Sebelum melakukan pencegahan dan penanganan tersebut, sangat penting untuk diketahui mengenai gambaran klinis penuaan kulit sebagai dasar dalam pemilihan modalitas terapi tersebut.

Maka dari itu sebaiknya konsultasikan keluhan wajah anda pada dokter kami.

Yuk kunjungi Stephanie Skin Clinic sekarang untuk konsultasi gratis dengan dokter kecantikan kami…

Leave a Reply